Setiap manusia mempunyai waktu yang sama sebanyak 24 jam dalam satu hari untuk melakukan berbagai aktifitas. Yang membedakan adalah seberapa banyak waktu itu digunakan untuk melakukan ibadah kepada Allah SWT. Konsep ibadah sebagaimana kita ketahui terdiri atas ibadah kita langsung kepada Allah SWT (HABLUMMINALLAH) dan hubungan kita dengan sesama manusia (HABLUMMINANNAS). Segala aktifitas kita ketika berhubungan dengan sesama manusia tidak kalah penting nilainya manakala kita niatkan untuk beribadah kepada Allah SWT.

Makna HABLUMMINANNAS tidak terlepas dari konsep pelayanan yang ikhlas yang senantiasa harus dilatih ketika kita menghadapi customer maupun calon customer. Kita berikan perlakuan yang sama kepada semua orang tanpa membedakan latarbelakangnya, tentunya dengan keikhlasan kita bahwa apa yang kita lakukan tidak didasari apakah customer itu akan memberikan balasan atas apa yang kita berikan. Apabila masih melihat latarbelakang dan harapan akan adanya balasan yang diberikan maka sudah termasuk kedalam sifat riya. Na’udzubillahimindzali’. Keikhlasan ini haruslah didasari karena Allah SWT, bahwa segala sesuatunya mengharapkan akan ridho-Nya.

Pelayanan yang baik bukan hanya memberikan pelayanan yang sama kepada semua orang tanpa membedakan latarbelakangnya, akan tetapi pelayanan yang baik juga tetap diberikan secara terus menerus kepada orang yang pernah menjalin hubungan dengan kita. Sebagai contoh di supermarket pelayanan yang baik diberikan oleh seorang pelayan kepada calon customer ketika datang, tetapi ketika calon costomer ini memutuskan untuk tidak membeli maka pelayanan yang diberikan sudah tidak seperti ketika calon customer itu datang. Contoh seperti ini yang harus dihindari dalam memberikan pelayanan yang baik kepada customer maupun calon customer. After Self Service (purna jual) harus tetap diberikan untuk menjaga hubungan yang baik dengan semua orang, atau hubungan silaturahim dengan semua orang harus tetap dijaga.

Itulah makna daripada HABLUMMINANNAS, bahwa ketika kita berhubungan dengan sesama manusia harus dilandasi keikhlasan karena Allah SWT dan kita niatkan untuk beribadah kepada-Nya. Dengan demikian waktu yang kita pergunakan selama 24 jam, selain ibadah langsung kepada Allah, juga hubungan kita dengan sesama manusia tercatat juga sebagai amal ibadah, karena di dalam firman-Nya bahwa Allah menciptakan manusia adalah untuk beribadah kepada Allah SWT.
Semoga bermanfaat…

0 Comments:

Post a Comment